Friday 27 January 2017

Obesitas Bukan Pemicu Asma Justru Sebaliknya

Obesitas Bukan Pemicu Asma Justru Sebaliknya, Banyak Orang Menyangka Bahwa Dengan Obesitas Dapa Picu Penyakit Asma!
Apakah anak Anda memiliki asma? Jika iya, maka ia cenderung mengalami obesitas di masa kecil atau remaja, demikian menurut sebuah penelitian.

Informasi Pengobatan Asma Bisa Ke Halaman : Obat Asma

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak kecil penderita asma cenderung mengalami obesitas sebesar 51 persen dalam 10 tahun ke depan dibandingkan dengan anak yang tidak mengalaminya.
"Diagnosis dan pengobatan dini bisa membantu mencegah epidemik obesitas saat kecil," ujar Frank D. Gilliland, profesor di University of Southern California (USC), Amerika Serikat.
Meskipun belum kelas apakah anak dengan asma memiliki risiko obesitas lebih besar, atau justru sebaliknya, mereka mengungkapkan bahwa asma dan obesitas memberi efek buruk pada satu sama lain.
Salah satu penyebab mengapa anak asma bisa mengalami obasitas adalah karena masalah pernapasan tersbeut membuat penderita menjadi sedikit bergerak atau berolahraga.
Selain itu, efek samping dari pengobatan asma adalah penambahan berat badan. Dampaknya, penderita bisa terkena penyakit metabolik lain, seperti prediabetes dan diabetes tipe 2 kelak.
"Hasil studi juga juga menunjukkan bahwa inhaler asma juga bisa membantu mencegah obesitas pada anak. Meskipun penelitian ini menggaransi studi selanjutnya, menarik mengetahui adalah korelasi antara aktivitas fisik dengan penggunaan obat-obatan asma," tambahnya.
Studi tersebut menanalisa data dari 2.171 anak taman kanak-kanak dan kelas satu di mana 13,5 persen di antaranya terkena asma, namun tidak obesitas. Sepuluh tahun kemudian, sebanyak 15,8 persen dari mereka terkena obesitas.

No comments:

Post a Comment